Wednesday, 7 September 2016

SANITASI. STERILISASI RUANGAN PERAWATAN DENGAN CAIRAN ANIOS SPECIAL DJP SF


Sterilisasi : upaya untuk menghilangkan semua mikrorganisme dengan cara fisik dan kimiawi.   
Hasil akhir adalah : ruang harus bebas dari mikroorganisme hidup

Sterilisasi ini menggunakan alat mesin fogging Aerosoft dan cairan Anios. Indikasi penggunaan cairan ini adalah airborne infection dan desinfeksi pada permukaan alat alat medis yang sudah dibersihkan/desinfeksi terlebih dahulu.

Sterilisasi dengan cara fogging ini lebih efektif karena kemampuan jangkauan uap cairan yang dihembuskan dengan kekuatan mesin ini lebih luas wilayah permukaan ruangan dibandingkan dengan sterilisasi dengan cara lain. Sterilisasi dengan cairan Anios ini lebih efisien karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam saja setelah disterilkan, ruangan/kamar yang disterilkan dapat dimanfaatkan kembali. Dibandingkan dengan cara sterilisasi yang lama dengan menggunakan Sinar UV. 

Sterilisasi dengan fogging cairan Anios juga mengurangi resiko negative kontak bahan kimia dengan operator sehingga lebih aman.



2 comments:

  1. katanya sistem foging udah tidak direkomendasikan lagi untuk sterilisasi ruangan saat ini, betul gak yach

    ReplyDelete
  2. Sistem fogging tidak direkommendasikan krn produk bahan sterilan yang berbahaya utk manusia. Saat ini, sistem ini sudah diganti di RS kami dengan sistem dryness dgn bahan H2S02 yang berkadar rendah sesuai dengan permenkes.
    (mengac pada rekomendasi PPI RS)

    ReplyDelete